S1 - Ilmu Administrasi Publik

Beranda S1 - Ilmu Administrasi Publik

VISI

Menjadi Program Studi yang mampu bersaing, inovatif dalam penguasaan, pengembangan, dan penerapan Ilmu Administrasi Publik yang menghasilkan lulusan yang kompeten dan bersinergi dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi pada tahun 2025.


MISI

  1. Menyelenggarakan pendidikan Ilmu Administrasi Publik dengan konsentrasi program studi Kebijakan Publik dan Manajemen Pelayanan Publik yang berkualitas dan unggul untuk menghasilkan lulusan yang mampu bersaing dalam kompetisi global berbasis teknologi industri 4.0 yang humanitis 5.0 serta tetap mempertahankan kearifan lokal (local wisdom).
  2. Melaksanakan pengembangan Ilmu Administrasi Publik dalam bidang Kebijakan Publik dan Manajemen Pelayanan Publik melalui kegiatan penelitian yang berorientasi kepada problem solving.
  3. Menerapkan keahlian di dalam bidang Kebijakan Publik dan Manajemen Pelayanan Publik secara aktif melalui kegiatan pengabdian pada masyarakat yang berorientasi pada kesejahteraan masyarakat yang berkelanjutan dan berbasis kearifan lokal.
  4. Mengembangkan jaringan kerjasama yang saling menguntungkan dengan instansi pemerintah, swasta, dan lembaga pendidikan tinggi lain, baik dalam maupun luar negeri.



    Administrasi Publik (Inggris : Public Administration) atau Administrasi Negara  adalah suatu bahasan ilmu sosial yang mempelajari tiga elemen penting kehidupan bernegara yang meliputi lembaga legislatif, yudikatif, dan eksekutif serta hal- hal yang berkaitan dengan publik yang meliputi kebijakan publik, manajemen publik, administrasi pembangunan, tujuan negara, dan etika yang mengatur penyelenggara negara. Secara sederhana, Administrasi Publik adalah ilmu yang mempelajari tentang bagaimana pengelolaan suatu organisasi publik. Kajian ini termasuk mengenai  birokrasi; penyusunan, pengimplementasian, dan pengevaluasian  kebijakan publik; administrasi pembangunan;kepemerintahan daerah; good governance,  bahkan perkembangan saat ini telah melingkupi  kepublikan  (publicness) atau yang biasa dikenal dengan nilai publik (public value).