S2 - Ilmu Administrasi Publik

Beranda S2 - Ilmu Administrasi Publik


TUJUAN PROGRAM STUDI

1. Tujuan umum pendidikan Program Studi Magister Ilmu Administrasi, FIA Unkris adalah menghasilkan lulusan magister yang kompeten, kompetitif dan humanis dalam mengimplementasikan ilmu administrasi dan kebijakan publik berbasis teknologi informasi.

2. Tujuan khusus pendidikan Program Studi Magister Ilmu Administrasi Unkris adalah:

a. Menghasilkan lulusan yang memiliki wawasan dan pengetahuan yang mendalam tentang perkembangan teori-teori administrasi publik yang mutakhir sebagai alat untuk menilai, mengkaji dan menganalisis setiap persoalan yang dihadapi organisasi publik secara tepat, cerdas dan profesional.

b. Menghasilkan lulusan yang mampu dan memiliki keahlian serta keterampilan dalam menganalisis dan menyusun aspek formulasi dan implementasi kebijakan serta memecahkan setiap persoalan administrasi yang dihadapi organisasi publik dengan daya nalar kritis dan analisis yang tajam.

c. Menghasilkan lulusan yang kreatif dan imovatif serta mampu mengembangkan model dan strategi penguatan kapasitas organisasi publik secara memadai.

d. Menghasilkan lulusan yang memiliki kualifikasi dan keandalan dalam mengadaptasi dan menerapkan tehnologi informasi dalam bidang penguatan kapasitas organisasi dalam rangka meningkatkan kinerja organisasi publik.

e. Mewujudkan program studi magister yang mengimplementasikan manajemen pendidikan dengan menerapkan prinsip penjaminan mutu pendidikan tinggi sesuai dengan aturan dan nilai-nilai dasar Universitas Krisnadwipayana serta peraturan perundang-undangan.

f. Mewujudkan kemitraan strategis dengan berbagai stakeholder untuk kepentingan pengembangan program studi, pembelajaran, dan kesempatan magang bagi para mahasiswa dan atau para dosen.

PROFIL


Program Magister Ilmu Administrasi Universitas Krisnadwipayana, Jakarta (MIA UNKRIS) telah terakreditasi "A" oleh BAN-PT dan memiliki misi untuk: pertama, menyiapkanpeserta didik menjadi pemimpin masyarakat yang memiliki kemampuan akademik dan profesional yang dapat menerapkan ilmu administrasi, kedua, menyiapkan peserta didik untuk dapat mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu administrasi khususnya studi kebijakan publik serta mengupayakan penggunaannya untuk meningkatkan taraf kehidupan masyarakat dan tata kelola yang lebih baik di sektor publik maupun swasta.

Dalam menjalankan kegiatan akademik, penelitian, dan pengabdian masyarakat, MIA UNKRIS telah membentuk badan independen yaitu Pusat Inovasi Pemerintahan Daerah atau Local Government Innovation Center (LOGIC). Pendirian LOGIC adalah dalam rangka membantu Kota/Kabupaten dalam melakukan inovasi di bidang pelayanan publik, kebijakan, sumber daya manusia, keuangan daerah, tata kota, dan pendapatan serta pajak daerah.


SISTEM KULIAH & PEMBELAJARAN


Kurikulum MIA UNKRIS didesain secara komprehensif untuk menyiapkan para mahasiswa agar kemampuan analisis dan teknis dalam penyelesaian problem yang berkaitan dengan kebijakan publik maupun swasta melalui proses pengambilan keputusan yang sistematis dan efektif. MIA UNKRIS menggunakan sistem kurikulum mengacu pada Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) serta perkuliahan berbasis SCL (Student Centered Learning) yang mengkombinasikan model kuliah (lecturing), demonstrasi, kelompok studi kecil (buzz group) melalui blended learning, diskusi, brainstorming, case study, role play, simulasi, dan seminar secara sistemik.


GELAR & MASA STUDI


Lulusan MIA UNKRIS akan mendapatkan gelar Magister Administrasi Publik (M.AP). Masa studi yang harus ditempuh oleh mahasiswa untuk mendapatkan gelar M.AP selama 4 semester atau 2 tahun maksimal, dengan komposisi 3 semester untuk perkuliahan terstruktur dan satu semester untuk penulisan tesis.


MINAT KAJIAN


  1. Kebijakan Administrasi Pendidikan
  2. Administrasi Keuangan & Pajak Daerah
  3. Bisnis & Inovasi Sektor Publik
  4. Kebijakan Administrasi Publik