Sejarah Singkat Berdirinya Fakultas Ilmu Administrasi

Beranda Sejarah Singkat Berdirinya Fakultas Ilmu Administrasi

   Sejarah Singkat Berdirinya Fakultas Ilmu Administrasi


     FIA – Unkris adalah Fakultas ilmu Administrasi yang pertama, yang mengembangkan Ilmu Administrasi di Indonesia sebagai disiplin ilmu pengetahuan merupakan salah satu cabang ilmu pengetahuan sosial, relatif masih baru dibandingkan dengan Ilmu Ekonomi, Ilmu Politik, Sosiologi, Sejarah Antopologi/Ethnologi, Ilmu Filsafat, yang sudah lama dikenal selama ini. Ilmu administrasi keberadaannya dalam masyarakat telah diyakini kebenarannya, yang kehadirannya di dalam ilmu pengetahuan tidak diragukan lagi, keadaannya makin mantap sejalan dengan kemajuan kehidupan bernegara dan bermasyarakat. Lebih-lebih usaha-usaha bangsa Indonesia dalam memerangi kebodohan, kemiskinan, keterbelakangan dan sebagainya, yang dilakukan secara bertahap dan terencana melalui pembangunan nasional. Dalam hal ini peran Ilmu Administrasi sangat menentukan, terutama Ilmu Administrasi Pembangunan, disamping Ilmu Administrasi Negara dan Ilmu Administasi Niaga yang telah kita kenal selama ini.

 

     Dalam hubungan ini Ilmu Administrasi telah terbukti keberhasilannya dalam usaha mencapai tujuannya baik usaha yang kecil maupun usaha yang besar. Disamping itu kemajuan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara banyak ditentukan oleh praktek Ilmu Administrasi yang rasional, efektif dan efisien. Dalam suatu masyarakat yang modern dengan suatu kehidupan yang bersifat kompleks, birokratis, spesialistis, globalisasi, dengan persaingan yang ketat dan saling ketergantungan, kehidupan bermasyarakat dan bernegara semakin diperlukan adanya perkembangan dan praktek Ilmu Administrasi.

 

    Demikian pula suatu negara yang sedang membangun, seperti indonesia, dengan keterbatasan sumber daya yang tersedia, terutama keterbatasan sumber dana, maka pengelolaan pembangun dengan kemampuan Ilmu Administrasi yang profesional sangat diperlukan untuk memecahkan berbagai masalah yang mendasar seperti : kebijakanaan dan pemrograman, perencanaan, pelaksanaan, pengendalian, pengawasan. Oleh karna itu perkembangan dan penyebarluasan Ilmu Administrasi, baik ilmu Administrasi Negara, maupun Ilmu Administrasi Naga adalah salah satu keharusan (coditio sine qua non).